Saturday, July 9, 2016

Berikut Ini Cara Membedakan Lowongan Penipuan dengan Yang Asli

Buat kamu yang sedang mencari lowongan pekerjaan sebaiknya hati-hati karena tidak semua lowongan pekerjaan yang di share itu benar. Ada saja pihak-pihak tertentu yang ingin mengambil keuntungan dari kesusahan kita seperti penipuan yang berkedok lowongan pekerjaan. Berikut ini saya akan jabarkan bagaimana ciri-ciri dari lowongan yang bersifat penipuan. Untuk itulah saya membuat postingan Berikut Ini Cara Membedakan Lowongan Penipuan dengan Yang Asli agar rekan-rekan semua yang sedang mencari lowongan pekerjaan tidak sampai kena tipu.

Baca Juga: LOWONGAN KERJA CIKARANG BEKASI PT. SUKANDA DJAYA / DIAMOND

Berikut Ini Cara Membedakan Lowongan Penipuan dengan Yang Asli

Berikut Ini Cara Membedakan Lowongan Penipuan dengan Yang Asli
Untuk membedakan lowongan yang bersifat penipuan dengan yang asli ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan yaitu:
  • Perhatikan alamat Email
Jika lowongan tersebut berasal dari PT besar contoh PT. Astra maka seharusnya email yang tercantum adalah berdasarkan alamat website. Website dari PT. Astra adalah www.astra.co.id maka secara otomatis email yang seharusnya adalah hrd@astra.co.id, finance@astra.co.id inti nya akhiran dari email tersebut sesuai dengan domain name nya yaitu @astra.co.id. Jika kamu menemukan email yang berbeda maka kamu wajib curiga dan cara ini sangat efektif jika kamu ingin melamar di perusahaan besar. Lalu bagaimana jika perusahaan tersebut kelas menengah ke bawah ? Kamu bisa baca cara dibawah ini
  • Perhatikan Nomor Telepon
Misal kamu menemukan lowongan dari perusahaan PT. A dan ada tertera nomor teleponnya, hal yang pertama kamu lakukan adalah cari di internet tentang PT tersebut mulai dari alamat sampai ke nomor teleponnya. Jika berbeda kamu perlu waspada, apalagi jika nomor telepon yang dicantumkan adalah nomor HP bukan nomor telepon kantor hal ini tentunya sangat mencurigakan.
  • Jika Diminta Uang
Ada saja calo yang memanfaatkan lowongan pekerjaan utnuk mendapatkan keuntungan dengan cara kita harus bayar terlebih dahulu. Memang terkadang hal tersebut benar dan bisa di masukkan kedalam perusahaan tetapi banyak juga yang fiktif setelah bayar orang nya kabur.'
Saran dari saya sebaiknya jangan mau karena logikanya "Kamu lah yang butuh pekerjaan, butuh uang maka kenapa kamu harus keluarkan uang untuk mendapatkan pekerjaan?" Jangan pernah memberikan sejumlah uang untuk bisa masuk bekerja biasakanlah jujur karena sekalipun benar kamu bisa masuk bekerja biasanya hanya bertahan sebentar karena perusahaan pasti mengetahui kamu sendiri masuk dengna cara yang tidak jujur untuk apa dipertahankan.
  • Alamat Perusahaan
Kamu juga perlu mengetahui alamat perusahaan tersebut apakah benar atau tidak, kamu bisa mencari di internet untuk info perusahaan tersebut. Jika tidak ada di internet kamu bisa kunjungi tetapi jangna masuk hanya sekedar memantau benar atau tidak alamat perusahaan tersebut. Karena dulu pernah ada rekan di facebook yang langsung mendatangi alamat perusahaan tersebut tanpa survei terlebih dahulu dan alhasil ketika sampai di tempat tersebut ternyata hanya sebuah ruko kecil, rekan saya ini masih berfikir positif dan mencoba masuk. Ketika di dalam beliau di minta sejumlah uang agar bisa masuk untuk urus ini lah itu lah dan sebagainya. Tapi rekan saya menolak dan permintaan uang tersebut terkesan memaksa dengan mengatakan tidak bosa di cancel karena data bapak telah masuk dan bapak harus bayar tetapi beliau tetap ngotot tidak mau bayar. Bayangkan jika hal tersebut terjadi ke pada wanita mungkin pihak penipu akan ngotot maksa.
Pernah juga ada kasus yang juga mendatangi alamat perusahaan langsung tanpa survei dimana orang tersebut di hipnotis semua barang bawaan hilang, untung nya tidak sampai tindak kriminal yang lebih parah seperti pemerkosaan karena pelamar tersebut adalah seorang wanita.
  • Perhatikan Email Balasan
Sekarang ini perusahaan sudah banyak menerapkan lamaran secara online dimana untuk mempermudah pencari pekerjaan dan pihak perusahaan itu sendiri. Tetapi kamu juga perlu waspada dimana kamu perlu perhatikan isi dari balasan tersebut, kejadian ini pernah menimpa saya sendiri di tahun 2013 dimana balasan dari email sangat muncurigakan. Perhatikan screenshots dari email dibawah
Email Lowongan Penipuan
Email balasan di atas sangat aneh beberapa kejanggalannya adalah:
  1. Tidak ada attachment resmi dari perusahaan (hal ini sangat wajib jika kita menerima balasan email lowongan kerja karena ada tanda tangan dan stempel resmi perusahaan)
  2. Pada tahun 2013 gaji yang di tawarkan 3.8 juta sementara saya sendiri di waktu itu masih minim pengalaman dan tidak tahu apa-apa, kenapa perusahaan mau menggaji sebesar itu ? Kecuali jika perusahaan besar mungkin masih normal, gaji yang diberikan terlalu wah ini yang buat curiga.
  3. Info perusahaan mulai dari alamat, email, dan lain-lain saya cek di internet ternyata banyak yang melaporkan bahwa itu adalah penipuan dimana nantinya kamu akan di minta uang secara paksa dengan berbagai alasan.
  4. Tanda tangan hanya 1 pihak seharusnya ada minimal 2 pihak dair perusahaan.
  5. Format penulisan sangat kacau, jika itu adalah ketikan sendiri tentunya format font nya akan sama tetapi kamu bisa liat dimana format tidak sesuai ada yang artial, ada times newroman terlihat bahwa tulisan di atas hasil copy paste (mungkin pelaku mengambilnya dari internet)

Rincian diatas adalah beberapa cara untuk mengetahui Berikut Ini Cara Membedakan Lowongan Penipuan dengan Yang Asli jika kamu mengetahui cara lainnya kamu bisa memberikan komentar yang nantinya artikel ini akan terus terupdate agar tidak ada lagi pihak lain yang terkena penipuan dalam mencari pekerjaan.

Semoga Bermanfaat

1 comments: